Kamis, 05 Desember 2013

MESIN-MESIN KANTOR (APK)



MESIN-MESIN KANTOR

Mesin Faksimile
Langkah dalam mengoperasikan Mesin faxmilile adalah sebagai berikut:
1.     Membuat surat pengantar untuk memastikan siapa dan kemana dokument ini akan dikirim dan apakah nomor yang dituju benar atau salah. Masukkan surat pengantar terlebih dahulu sebelum dokumen anda ke dalam mesin Fax Feeder yang menghadap kearah mesin.
2.    Masukkan nomor fax ke dalam mesin. Akan ada tombol angka seperti telepone pada mesin fax.hati-hati ketik nomor sehingga anda tidak membuat kesalahan. Karena sulit untuk mengetahui bila anda telah menghubungi nomor fax yang salah.
3.     Tekan tombol kirim jika anda telah selesai memasukkan sesuai angka ke dalam mesin. Tombol ini biasanya lebih besar dari pada tombol yang lain dan lebih mudah untuk dicari biasanya, tombol ini ditempati disamping bawah keypad.
4.     Tunggu sampai dokumen anda melewati mesin dan kumpulkan jika sudah selesai.   Apapun yang anda kirim akan melewati serangkaian rol dan rekam secara digital.
5.     Tunggu sampai ada konfirmasi yang akan memberitahukan anda apakah fax anda tersebut berhasil dikirim atau tidak.

Mesin Fotocopy
Langkah dalam mengoperasikan Mesin Foto Copy
1.         Letakkan kertas pada kaca tempat foto copy dengan bagian tepi atas menempel pada garis skala pada posisi yang tepat di tengah
2.       Dengan menekan tombol pengatur hasil copy.
3.       Tekan tombol jumlah hasil penggandaan yang dikehendaki
4.       Tekan tombol cetak (start)
5.       Jika sudah selesai tekan tombol OFF
Mesin Stensil
Cara Pengoperasian Mesin stensil manual:
1.      Sebelum mengetik pada sheet stensil sebaiknya huruf pada tutsdibersihkan terlebih dahulu  dengan sikat kawat halus karena seringkotor terkena endapan beas karbon atau tip-eks
2.              Sheet stensil harus benar-benar rata pada roll mesin tik agarmenghasilkan bekas ketikan   yang   baik di sit stensil.
3.      Pengetikan pada sit stensil sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa. Halini dikarenakan  kesalahan pengetikan memang dapat debetulkandengan koreksi, tetapi akan menghasilkan cetakan yang kurangmemeuaskan
4.              Didalam menghentak tuts tidak perlu ekstra kuat,tetapi dengannormal hentakan saja sudah  cukup untuk mengahasilkan cetakanyang baik
5.      Senantiasa membaca dulu hasil ketikan sebelum kitamelepaskannya dari mesin
6.      Stensil terdiri atas suatu lapisan bahan dengan pelapis yang kedaptinta stensil digores, entah dengan mesin tik (tanpa tinta)atau dengan tulisan tangan atau digambari menggunakan penakhusus.Master dapat pula disiapkan dengan proses pengopianpemindahan-panas atau dengan pemotong stensil elektronik
7.      Tinta ditekan menembus goresan pada stensil kekertas yangmelekat rapat mesin putar, kemudian dioperasikan, bisamenggunakan tangan atau listrik.

Mesin Scanner
Ada beberapa langkah dalam pengoperasian mesin scanner, yaitu sebagai berikut:
a.       Siapkan naskah yang akan digandakan, baik hasil ketikan, tulisan tangan, atau berupa gambar – gambar.
b.      Masukkan ke dalam silinder untuk tempat original dengan cara mendorong kedua klip ke arah belakang mesin untuk membebaskan copy holder dari silinder. Kemudian letakkan original bagian muka menghadap ke atas di antara guide sheet dan copy holder.
c.       Masukkan ke dalam silinder untuk tempat stensil, dengan cara mendorong knop ke  kanan untuk membuka master clamp, kemudian masukkan ke ujung bawah sheet atau ujung atas sheet pada celah yang terbuka.
d.      Tempatkan jarum scanner sesuai dengan format warkat yang akan digandakan, agar pemindahan original sheet sesuai yang diinginkan.
e.       Perhatikan posisi silinder, jarum harus menghadap pada sheet mulai dari awal sampai akhir gerakan scanning carriage.
f.       Atur tombol ketajaman hasil tulisan, yaitu dengan membuka penutup kontrol panel dan mengotrol auto I, auto II, dan auto III
g.      Atur tombol pkecepatan perputaran rol.
h.      Tekan tombol ON, untuk menjalankan mesin, sehingga rol (warkat dan sheet) berputar. Jarum scanner atau jarum percikan berjalan ke kanan dan membakar mbkertas yang terdapat tulisan.
i.        Setelah selesai, tekan tombol OFF untuk menghentikan mesin. Keluarkan sheet dengan membuka penutup atas dan mendorong knop ke kanan untuk mengambil master.
j.        Untuk mengetahui hasilnya, letakkan sheet pada mesin stensil dan cetak. Kemudian periksa apakah hasilnya sudah baik atau belum.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Blogger templates

Blogger templates